Senin, 15 April 2013

orangtua yang menyuruh cerai

pertanyaan : " apabila orang tua menyuruh anaknya menceraikan istri/suami apakah sang anak wajib untuk mentaatinya atau tidak ? ".

jawab : " apabila  orang tua menyuruh anak untuk menceraikan istri/ suami maka hal ini ada dua keadaan :

  • orang tua tersebut menjelaskan pada anaknya sebab-sebab syar'i yang menuntut sang anak untuk menceraikan suami / atau istrinya .
          seperti uacapan : " ceraikan istrimu / suamimu karena istrimu meragukan dalam pergaulannya bercanda dengan laki-laki , keluar dengan dandanan yang tidak pantas dan yang semodel itu , pada keadaan ini dia mentaati orangtuanya dan menceraikannya . karena orang tuanya menyuruhnya bukan karena hawa nafsunya tetapi demi menjaga ranjang anaknya agar tidak terkotori dengan kejelekan .

  • orang tua yang menyuruh anaknya untuk menceraikan istri/ suami karena anaknya mencintainya dan orang tuanya cemburu dengannya atau sebab yang lainnya  ,  maka pada keadaan ini tidak wajib untuk mentaatinya tetap sang anak harus pandai-pandai dalam memberikan sikap untuk tidak menyakiti kedua orang tuanya dan berusaha untuk menyadarkannya .
karena orang tua menyuruh hal ini dengan landasan hawa nafsunya bukan karena alasan yang syar'i .
dalam hal ini imam ahmad ditanya tentang masalah ini datang seorang laki-laki kepada imam ahmad lalu bertanya  : " bapakku menyuruhku untuk menceraikan istriku apakah aku menceraikannya ? .
beliau menjawab : " jangan engkau ceraikan " .
laki-laki ini menjawab : " bukankah nabi pernah menyuruh  ibnu umar untuk menceraikan istrinya ketika umar menyuruhnya ? ".
beliau menjawab : " apakah bapakmu itu seperti umar ...?".
hal ini karena umar melihat suatu kemashlahatan bukan karena dorongan hawa nafsu semata .

0 komentar:

Posting Komentar